Senin, 25 Juli 2016

Sedekah Quran Nusantara : Pondok Pesantren Sabilurrahman


Sekilas kita tak akan menyangka bahwa masjid dan bangunan setengah jadi itu adalah sebuah pondok pesantren. Berlokasi di Cibetik, Kecamatan Walantaka, Serang Banten. Buang jauh jauh bayangan pesantren dengan gedung yang bertingkat, santri yang banyak serta ruang kelas dengan layar infocus serta AC yang memadai. Pesantren Sabilurrahman hanya memiliki 1 ruang kelas tanpa papan tulis, 2 lokal asrama putera dan 1 lokal asrama puteri, gubuk gubuk kayu yang dipakai untuk belajar serta masjid yang baru beberapa bulan lalu dibangun oleh donatur.

Pesantren Sabilurrahman adalah satu dari ribuan pesantren yang ingin mencetak generasi pengahafal quran. Hal ini ditekankan pada kegiatan esktrakulikuler yang ada di ponpes tersebut bernama KAHAMUFISA (Kader Muda Hafidz Fisabilillah). Keterbatasan dana yang pengelola temui bukan merupakan sebuah penghalang menjemput kemuliaan sebagai pencetak hafidz dan hafidzah. Pondok pesantren ini memiliki 8 orang santri dan 6 orang santriwati yang mayoritas domisilinya jauh dari desa Cibetik. Ada yang dari Jakarta, Bontang, dan Tanggerang Selatan. Mereka memiliki keinginan yang gigih untuk menjadi para penghafal quran, keluarga Allah di dunia. Para santri ini hanya membayar tak kurang dari 300 ribu rupiah per bulannya untuk belajar al quran. Namun, miris memang jika yang membayar iuran pesantren hanya setengah dari total santri pondok pesantren. Pasalnya  7 dari 14 santri yang ada adalah anak yatim dan kaum dhuafa, dan pihak pengelola pesantren membuat system subsidi silang untuk menangani krisis dana tersebut.

Segala kekurangan yang ada di pondok pesantren ini tidak pernah menyurutkan semangat belajar dan menghapal al quran para santri, apalagi dengan adanya al quran baru dari Sahabat Guru Yakesma, hasil donasi Kawan Kawan SG di seluruh Indonesia dalam program Sedekah Quran Nusantara yang insyaAllah memberikan keberkahan untuk yang berdonasi ataupun yang menerima donasi.  Program Sedekah Quran Nusantara ini adalah gerakan bersedekah al quran  yang nantinya akan diberikan ke seluruh pelosok Indonesia baik pesantren, rumah tahfidz, dan masyarakat muslim minoritas.

0 komentar:

Posting Komentar